Selasa, 23 Desember 2014

RPP PAI Kelas IX Semester Genap

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (8)

Sekolah
:
SMP NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas /Semester
:
IX (SEMBILAN) / GENAP
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.1. Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2. Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
8.3. Menjelaskan kandungan QS Al-Insyirah
Indikator

·         Membaca surat al-Insyirah dengan fasih
·         Menyalin surat al-Insyirah dengan benar
·         Hafal surat al-Insyirah dengan lancar
·         Membaca arti mufradad surat al-Insyirah
·         Mengartikan surat al-Insyirah
·         Menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah
·         Membiasakan diri bersikap pasrah kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja
Alokasi Waktu  
:
4 X  40 menit ( 2 pertemuan)
Tahun Pelajaran
:
2013 - 2014

I. 
Tujuan Pembelajaran

·         Dengan metode iqra, diharapkan siswa dapat membaca surat al-Insyirah dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
·         Setelah membaca dengan tartil diharapkan siswa dapat menyebutkan arti mufradad surat al-Insyirah sekaligus dapat menerjemahkan surat al-Insyirah,
·         Dengan diskusi siswa dapat menjelaskan isi kandungan surat al-Insyirah
·         Setelah menjelaskan isi kandungan siswa dapat membiasakan belajar/bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari.

II. 
Materi Pokok Pembelajaran

Al-Qur’an Surat al-Insyirah ayat 1 sampai 8

III.
Sumber dan Media Pembelajaran

a.  Sumber Pembelajaran


1.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Multahim, dkk
Penerbit          : Yudistira
Tahun              : 2007
2.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Abdul Wahid Syahlani Yahya
Penerbit          : Arfino Raya
Tahun              : 2009

b. Media Pembelajaran


-   Sketsa  Ayat al-Qur’an Surat Al-Insyirah

IV.
Pendekatan,  Metode dan Model Pembelajaran

1. Pendekatan                           :   Contektual Teaching and Learning (CTL)
2. Metode Pembelajaran           :  - Ceramah terpadu
                                                      - Demontrasi
                                                      - Tutor sebaya
                                                      - Tanya jawab
3. Model Pembelajaran             :  Value Clarification Technique (VCT)             

V.
Langkah-langkah Skenario Pembelajaran

TAHAP
Langkah – langkah
Waktu

A. Pra
Pembelajaran
Apersepsi
-   Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-   Membaca al-Qur'an dengan Tartil  (rutinitas)
-   Bertanya kepada siswa  tentang materi semester yang lalu

Motivasi
-   Memotivasi siswa tentang keutamaan menghafal bacaan al-Qur’an
-   Guru menyampaikan SK/KD serta  tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa
15 menit

B. Kegiatan inti

Eksplorasi
-     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok
-        Siswa yang mampu membaca al-qur’an mendemonstrasikan bacaan surat al-Insyirah.
-        Siswa berlatih membacanya dengan metode tutor sebaya.

Elaborasi
-        Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
-        Siswa mendiskusikan isi kandungan surat al-Insyirah.

Konfirmasi
-        Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
-        Guru memberikan komentar dan bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
50 menit

C. Penutup
-  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan  refleksinya tentang pembelajaran yang sudah berlangsung
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya
15 menit

VI.
Penilaian

A. Tehnik Penilaian
·         Tes unjuk kerja
·         Tes isian
·         Tes uraian

B. Bentuk Penilaian
·         Tes identifikasi
·         Lembar penilaian diri /skala sikap


VII.
Bentuk Tes , Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

A. Bentuk Tes


1.  Bacakan QS Al-Insyirah dengan tartil  Kemudian hafalkan !
2.  Terjemahkan ayat berikut !


a.
üÏ%©!$# uÙs)Rr& x8tôgsß 
c.
- #sŒÎ*sù |Møîtsù ó=|ÁR$$sù 


b.
- ¨bÎ*sù yìtB ÎŽô£ãèø9$# #·Žô£ç     




3. Jelaskan isi kandungan QS Al-Insyirah !


B. Kunci Jawaban


1.
ÈóOs9r& ÷yuŽô³nS y7s9 x8uô|¹ ÇÊÈ   $uZ÷è|Êurur šZtã x8uøÍr ÇËÈ   üÏ%©!$# uÙs)Rr& x8tôgsß ÇÌÈ   $uZ÷èsùuur y7s9 x8tø.ÏŒ ÇÍÈ   ¨bÎ*sù yìtB ÎŽô£ãèø9$# #·Žô£ç ÇÎÈ   ¨bÎ) yìtB ÎŽô£ãèø9$# #ZŽô£ç ÇÏÈ   #sŒÎ*sù |Møîtsù ó=|ÁR$$sù ÇÐÈ   4n<Î)ur y7În/u =xîö$$sù ÇÑÈ  


2.  

a.   Yang memberatkan punggungmu      
b.   Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
c.   Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain


3.
a.     Penegasan nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada Nabi Muhammad SAW
b.    Memberitahukan kepada manusia bahwa sesungguhnya setiap dibalik kesulitan maka akan menemukan kemudahan
c.     Perintah kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengerjakan amal soleh dan bertawakal kepada-Nya
d.    Allah akan meninggikan derajat manusia bagi mereka yang sabar dalam menghadapi kesulitan

C.
Pedoman Penilaian

NO
SOAL YANG  DIJAWAB BENAR
Nilai Skor maksimal
1
Hafal bacaan Qs Al-Insyirah dengan tartil
40
2
Ketepatan mengartikan ayat Qs Al-Insyirah
40
3
Ketepatan dalam menjawab isi kandungan QS Al-Insyirah
20

Jumlah Total Skor
100



Perhitungan Nilai Akhir

 X Skor Ideal  (100)
Perolehan Skor
=
Nilai Akhir
Total Skor Max

 
 













Instrumen


Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya bekerja keras kalau diberi hadiah




2
Saya belajar ketika ada ulangan saja




3
Ketika teman menyontek saya ikut-ikutan




4
Saya tidak belajar karena pintar dan bodoh sudah menjadi takdir Allah SWT




5
Saya tidak belajar dengan baik  karena saya menerapkan sikap sabar







Saran-saran :

...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
……………………...........................................................................................................................................


 Cianjur ,     06 Januari  2014
                            Mengetahui,
Kepala Sekolah,






HJ. ESIH HASANAH, S.Pd., M.Pd.
NIP  19660608 198703 2 009
Guru Mata Pelajaran






AHMAD ZENAL ABIDIN, M.Pd.I
NIP  19690909 199802 1 003







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (9)

Sekolah
:
SMP NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas    /Semester
:
IX (SEMBILAN) / GENAP
Standar Kompetensi
:
9. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar
:
9.1. Membaca hadits tentang kebersihan
9.2. Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
9.3. Menyebutkan hadits tentang kebersihan
Indikator

·         Membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih
·         Menyalin hadits tentang kebersihan dengan benar
·         Hafal hadits tentang kebersihan dengan lancar
·         Membaca arti mufradat hadits tentang kebersihan
·         Mengartikan hadits tentang kebersihan
·         Menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan
·         Membiasakan diri menjaga kebersihan
Alokasi Waktu  
:
4 X  40 menit ( 2 pertemuan)
Tahun Pelajaran
:
2013 – 2014

I. 
Tujuan Pembelajaran

·           Dengan metode tartila diharapkan siswa dapat membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar
·           Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang kebersihan, mengartikan hadits tentang kebersihan, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan.
·           Siswa dapat mensimulasikan sikap berserah menjaga kebersihan serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

II.  
Materi Pokok Pembelajaran

Hadits Tentang Kebersihan

III.
Sumber dan Media Pembelajaran

a.  Sumber Pembelajaran


1.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Multahim, dkk
Penerbit          : Yudistira
Tahun              : 2007
2.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Abdul Wahid Syahlani Yahya
Penerbit          : Arfino Raya
Tahun              : 2009

b. Media Pembelajaran


-   Sketsa hadits-hadits tentang kebersihan

IV.
Pendekatan,  Metode dan Model Pembelajaran


1. Pendekatan                           :   Contektual Teaching and Learning (CTL)
2. Metode Pembelajaran         :  -  Ceramah Terpadu
                                                   -   Metode Tartila
                                                   -  Demontrasi
                                                   -  Tutor sebaya
                                                   -  Tanya jawab
                                                   -  Penugasan
3. Model Pembelajaran           :  Cooperative  learning 

V.
Langkah-langkah Skenario Pembelajaran

TAHAP
Langkah – langkah
Waktu

A. Pra
     Pembelajaran
Apersepsi
-   Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-   Membaca al-Qur'an dengan Tartil  (rutinitas)
-   Bertanya kepada siswa  tentang materi yang telah disampaikan

Motivasi
-   Memotivasi siswa agar memahami tentang pentingnya menjaga kebersihan 
-   Guru menyampaikan SK/KD serta  tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa
15 menit

B. Kegiatan inti

Eksplorasi
-     siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.
-     Siswa mendemonstrasikan bacaan hadits tentang kebersihan dengan fasih.
-     Siswa berlatih membacanya dengan metode tutor sebaya.
-     Siswa membaca arti mufradat.

Elaborasi
-     Siswa berlatih mengartikan hadits tentang kebersihan berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan tutor sebaya.
-     Mendiskusikan tentang hadits kebersihan

Konfirmasi
-     Tutor sebaya menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
-     Guru memberikan komentar dan bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
50 menit

C.  Penutup
-  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan  refleksinya tentang pembelajaran yang sudah berlangsung
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya
15 menit



VI.
Penilaian

A. Tehnik Penilaian
  • Tes unjuk kerja
  • Tes tertulis
  • Penilaian diri

B. Bentuk Penilaian
  • Tes identifikasi
  • Tes isian
  • Tes uraian
  • Lembar penilaian diri  skala sikap



VII.
Bentuk Tes , Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

A. Bentuk Tes


1.     Bacakan hadits yang di riwayatkan imam Tirmidzi tentang kebersihan 
2.     Terjemahkan potongan hadits dibawah ini !


a.
  اَ ْلإِسْلاَمُ نَظِيْفٌ فَتَنَظَّفُوْا
c.
اَلنَّظَافَةُ مِنَ ا ْلإِيْمَانِ  


b.
جَوَّدٌَ يُحِبُّ الْجُوْد َفَنَظِّفُوْا أَفْنِيَتَكُمْ  




3. Apakah yang akan kamu lakukan ketika melihat sampah berserakan di halaman sekolah

B.
Kunci Jawaban


1.
إِنَّ اللَّهَ تَعَلَى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبُ,  نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَفَةُ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ , جَوَّدٌَ يُحِبُّ الْجُوْد َفَنَظِّفُوْا أَفْنِيَتَكُمْ   (روه الترمذى)


2. 




3.
a.   Islam itu bersih, oleh karena itu bersihkanlah dirimu
b.   Maha Pemurah dan mencintai kemurahan hati, maka bersihkanlah halaman rumahmu (lingkungan sekitar rumahmu)
c.   Kebersihan itu sebagain dari keimanan.

Sampah-sampah tersebut akan saya pungut kemudian akan dibuang pada tempatnya.


c.
Pedoman Penilaian
     
NO
SOAL YANG  DIJAWAB BENAR
Nilai Skor maksimal
1
Tartil dalam bacaan hadits tentang kebersihan
40
2
Ketepatan mengartikan potongan hadits tentang kebersihan
35
3
Ketepatan dalam menjawab isi kandungan potongan hadits tentang kebersihan
35

Jumlah Total Skor
100
                                                                                           



Perhitungan Nilai Akhir

 X Skor Ideal  (100)
Perolehan Skor
=
Nilai Akhir
Total Skor Max

 
 










Instrumen Penilaian sikap


Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Skor 0
1
Saya memakai pakaian yang bersih dan rapi




2
Ketika akan shalat saya pasti wudu dan menggunakan pakaian yang suci




3
Saya mandi sehari paling tidak dua kali




4
Saya memotong kuku seminggu sekali




5
Ketika melihat sampah yang tercecer saya buang di tempat sampah.







Saran-saran :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................


Cianjur ,     06 Januari  2014
                            Mengetahui,
Kepala Sekolah,






HJ. ESIH HASANAH, S.Pd., M.Pd.
NIP  19660608 198703 2 009
Guru Mata Pelajaran






AHMAD ZENAL ABIDIN, M.Pd.I
NIP  19690909 199802 1 003












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (10)


Sekolah
:
SMP NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas    /Semester
:
IX (SEMBILAN) / GENAP
Standar Kompetensi
:
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan qadar
Kompetensi Dasar
:
10.1. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar
10.2. Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar
10.3. Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
10.4. Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadar
Indikator

·         Menjelaskan pentingnya beriman kepada qadha dan qadar
·         Menyebuitkan ciri-ciri  orang yang beriman kepada qadha dan qadar
·         Menjelaskan pengertian qadha dan qadar
·         Menjelaskan hubungan antara qadha, qadar dan takdir
·         Menjelaskan bahwa kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah
·         Menyebutkan fungsi beriman kepada qadha dan qadar
·         Membedakan pengertian takdir muallak dan mubram
·         Menyebutkan contoh-contoh takdir muallaq dan mubram
·         Membaca dalil naqli tentang qadha dan qadar
·         Mengartikan dalil naqli tentang qadha dan qadar
·         Menjelasakan maksud dalil naqli tentang qadha dan qadar
Alokasi Waktu  
:
4 X  40 menit ( 2 pertemuan)
Tahun Pelajaran
:
2013 - 2014


I. 
Tujuan Pembelajaran

·          Dengan membaca refensi diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada qadha dan qadar dan
·          Setelah tanya-jawab siswa dapat menyebuitkan ciri-ciri  orang yang beriman kepada qadha dan qadar.
·          Dengan menjelaskan qadha dan qadar siswa dapat menunjukkan dalil naqli tentang qadha dan qadar.
·          Dengan menggali penjelasan qadha dan qadar siswa dapat menyebutkan hubungan antara keduanya serta meyakini bahwa kejadian yang baik dan buruk merupakan takdir Allah
·          Stelah diskusi siswa dapat membedakan takdir muallak dan mubram dan menyebutkan contoh-contohnya.


II. 
Materi Pokok Pembelajaran

Beriman Kepada Qadha dan Qadar


III.
Sumber dan Media Pembelajaran

a.  Sumber Pembelajaran



1.

Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Tim Abdi Guru
Penerbit          :  Erlangga
Tahun              : 2008

2.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Multahim, dkk
Penerbit          : Yudistira
Tahun              : 2007

3.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Abdul Wahid Syahlani Yahya
Penerbit          : Arfino Raya
Tahun              : 2009


b. Media Pembelajaran



Foto-foto qadha Mubram dan qadha mualaq




IV.
Pendekatan,  Metode dan Model Pembelajaran


1. Pendekatan                           :   Contektual Teaching and Learning (CTL)
2. Metode Pembelajaran           :  - Ceramah Terpadu
                                                     - Tanya jawab
                                                     - Tutor sebaya
                                                     - Diskusi
3. Model Pembelajaran             :  Cooperative  learning               


V.

Langkah-langkah Skenario Pembelajaran

TAHAP
Langkah – langkah
Waktu

A. Pra
     Pembelajaran
Apersepsi
-   Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-   Membaca al-Qur'an dengan Tartil  (rutinitas)
-   Bertanya kepada siswa  tentang materi yang telah disampaikan

Motivasi
-   Memotivasi  siswa tentang pentingnya beriman kepada qadha dan qadar
-   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran

15 menit

B. Kegiatan inti

Eksplorasi
-     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan tutor sebaya dalam setiap kelompok.

Elaborasi
-      Siswa berdiskusi dan menelaah ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
-      Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian qadha dan qadar.
-      Guru mendemonstrasikan ayat-ayat yang berhubungan dengan qadha dan qadar.
-      Siswa berlatih membaca dan mengartikan dengan metode tutor sebaya.

Konfirmasi
-      Siswa menelaah, mencari dan menemukan hubungan antara qadha dan qadar.
-      Siswa mendiskusikan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
-      Siswa memberikan komentar kemudian bersama –sama menyimpulkan hasil pembelajaran
50 menit

C. Penutup
-  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan  refleksinya tentang pembelajaran yang sudah berlangsung
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya
15 menit


VI.
Penilaian

A. Tehnik Penilaian
  • Tes tertulis
           
B. Bentuk Penilaian
  • Tes uraian



VII.
Bentuk Tes , Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

A. Bentuk Tes


1.   Jelaskan ciri-ciri orang yang beriman kepada Qadha dan Qadar !
2.   Jelaskan pengertian beriman kepada Qadha dan Qadar
3.   Tulislah QS al-Hadid ayat 22 !
4.   Jelaskan hubungan antara Qadha dan Qadar !
5.   Jelaskan pengertian takdir muallaq !
6.   Jelaskan pengertian takdir mubram!
7.   Sebutkan fungsi Iman kepada Qadha dan Qadar !
8.   Berikah contoh dari :
a. Qadha
b. Qadar



B.
Kunci Jawaban 



1.
Selalu berikhtiar dengan sungguh-sungguh serta menerima ketetapan dan ketentuan Allah SWT tidak putus asa dari kegagalan yang menimpanya.



2.
Iman kepada Qadha dan Qadar adalah percaya dan yakin serta menerima apapun rencana Allah SWT terhadap makhluknya termasuk manusia pada waktu yang telah ditentukan melalui proses ikhtiar atau tidak .



3.
!$tB z>$|¹r& `ÏB 7pt6ŠÅÁB Îû ÇÚöF{$# Ÿwur þÎû öNä3Å¡àÿRr& žwÎ) Îû 5=»tGÅ2 `ÏiB È@ö6s% br& !$ydr&uŽö9¯R 4 ¨bÎ) šÏ9ºsŒ n?tã «!$# ׎Å¡o  



4.
Hubungan qadha dan qadar dua perkara yang tidak bisa dipisahkan karena hal itu merupakan suatu ketetapan/ketentuan Allah serta ada hal yang harus di usahakan (ikhtiar)



5.
Taqdir mua’allaq adalah keputusan Allah SWT melalui proses ikhtiar dan usaha manusia



6.
Qadha Mubram, yaitu keputusan Allah SWT yang pasti terjadi dan diluar kehendak manusia



7
a.   Rajin berusaha atau ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari
b.   Sabar dalam menghadapi cobaan
c.   Cobaan itu merupakan ketentuan Qadha dan Qadhar Allah



8.
a. Surani anak yang pintar, rajin dan tekun, akan pada akhir semester tidak naik
b. Abdur Rahim orang yang pintar , tekun dan ulet, pantas kalau ia menjadi orang sukses.



C.
Pedoman Penilaian


NO
SOAL YANG  DIJAWAB BENAR
Nilai Skor maksimal


1
Ciri orang yang beriman kepada qadha dan qadar
10


2
Pengertian beriman kepada Qadha dan Qadar
10


3
Ketepatan menulis dalil Naqli yang berkaitan dengan Qadha dan Qadar
10


4
Ketepatan dalam menjawab hubungan antara Qadha dan Qadar
10


5
Pengertian taqdir mu’allaq
10


6
Pengertian taqdir mubram
10


7
Ketepatan dalam menjawab fungsi iman kepada Qadha dan Qadar
25


8
Contoh qadha dan qadar
15



Jumlah Total Skor
100



Perhitungan Nilai Akhir

 X Skor Ideal  (100)
Perolehan Skor
=
Nilai Akhir
Total Skor Max

 
 









Cianjur ,     06 Januari  2014
                            Mengetahui,
Kepala Sekolah,






HJ. ESIH HASANAH, S.Pd., M.Pd.
NIP  19660608 198703 2 009
Guru Mata Pelajaran






AHMAD ZENAL ABIDIN, M.Pd.I
NIP  19690909 199802 1 003
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (11)

Sekolah
:
SMP NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas    /Semester
:
IX (SEMBILAN) / GENAP
Standar Kompetensi
:
11. Menghindari Perilaku tercela
Kompetensi Dasar
:
11.1. Menjelaskan pengertian perilaku takabur
11.2. Menyebutkan contoh - contoh perilaku takabur
11.3. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
Indikator

·         Menjelaskan pengertian takabur
·         Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang takabur
·         Menjelaskan akibat buruk takabur dalam kehidupan
·         Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan
·         Menunjukkan sikap tidak senang berperilaku takabur dalam kehidupan
·         Membiasakan diri berperilaku menjauhi takabur, dalam kehidupan
Alokasi Waktu  
:
2  X  40 menit ( 1` pertemuan)
Tahun Pelajaran
:
2013 - 2014


I. 
Tujuan Pembelajaran

·       Dengan membaca refensi diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian takabur
·       Setalah menelaah tentang takabur siswa dapat  menunjukkan dalil naqlinya sekaligus dapat  menyebutkan  akibat buruknya
·       Dengan diskusi siswa dapat menyebutkan  ciri-ciri orang yang takabur.
·       Setelah mendapat penjelasan tentang takabbur diharapkan siswa dapat menunjukkan sikap menjauhi perilaku takabur

II. 
Materi Pokok Pembelajaran

PERILAKU TERCELA : TAKABBUR


III.
Sumber dan Media Pembelajaran

a.  Sumber Pembelajaran



1.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Multahim, dkk
Penerbit          : Yudistira
Tahun              : 2007

2.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Abdul Wahid Syahlani Yahya
Penerbit          : Arfino Raya
Tahun              : 2009


b. Media Pembelajaran







IV.
Pendekatan,  Metode dan Model Pembelajaran


1. Pendekatan                           :   Contektual Teaching and Learning (CTL)
2. Metode Pembelajaran           :   - Ceramah Terpadu
                                                      - Tanya jawab
                                                      - Tutor sebaya
                                                      - Diskusi
                                                       - Penugasan
3. Model Pembelajaran           :  Cooperative  learning


V.
Langkah-langkah Skenario Pembelajaran

TAHAP
Langkah – langkah
Waktu

A. Pra
 Pembelajaran
Apersepsi
-   Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-   Membaca al-Qur'an dengan Tartil  (rutinitas)
-   Bertanya kepada siswa  tentang materi yang telah disampaikan

Motivasi
-   memotivasi siswa  tentang pentingnya menghindari akhlak tercela.
-   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
15 menit

B. Kegiatan inti

Eksplorasi
-     Siswa membaca refensi tentang pengertian takabur
-     Siswa membacakan dalil naqli tentang takabur
dengan metode tutor sebaya.

Elaborasi
-     Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
-     Siswa berdiskusi untuk mencari ciri-ciri takabur.
-     Siswa berdiskusi tentang cara-cara menjauhi takabur.

Konfirmasi
-     Siswa memberikan komentar sekaligus bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
50 menit

C. Penutup

-  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan  refleksinya tentang pembelajaran yang sudah berlangsung
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya
15 menit


VI.
Penilaian

A. Tehnik Penilaian     
  • Tes tertulis

B. Bentuk Penilaian
  •  Tes uraian



VII.
Bentuk Tes , Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian


A. Bentuk Tes



1.  Jelaskan pengertian  Takabbur !
2.  Tulislah dalil naqli tentang perbuatan Takabbur Qs Luqman ayat  18 !
3.  Sebutkan cirri-ciri orang takabbur !
4.  Sebutkan salah satu contoh Takabbur !
5.  Sebutkan apa saja akibat negatif dari perbuatan  takabur !
6.  Bagaimana cara menghindari perbuatan Takabur dalam kehidupan sehari-hari  !


B.
Kunci Jawaban  


1.
Takabbur menurut bahasa ialah sifat merasa diri besar atau sombong. Adapun orang nya disebut mutakkabir. Sedang menurut istilah takabur ialah merasa besari diri atau menganggap dirinya memiliki nilai lebih tinggi dan merasa mulia dari orang lain.


2.
Ÿwur öÏiè|Áè? š£s{ Ĩ$¨Z=Ï9 Ÿwur Ä·ôJs? Îû ÇÚöF{$# $·mttB ( ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä ¨@ä. 5A$tFøƒèC 9qãsù ÇÊÑÈ  


3.
Ciri orang yang takabbur adalah
a. tidak mau menerima bantuan orang lain
b. membanggakan apa apa yang dimilikinya
c. tidak puas atas rizki yang diberikan Allah SWT


4.
Bangga terhadap kekayaan yang dimilikinya, dll


5.
1.     Tidak disenangi oleh orang lain
2.     menutup diri dari kebenaran tidaj mau menerima nasehat orang lain
3.     selalu dalam keadaan aib dan kekurangan
4.     terhalang untuk masuk surga
5.     Dibenci oleh Allah SWT


6.
1.     menghindari bahwa setiap manusia di hadapan Allah adalah sama, yang membedakan adalah ketaqwaan.
2.     Berusaha untuk bergaul dengan siapapun tanpa membeda-bedakan
3.     memahami dan menyadari tentang bahaya takabbur baik di dunia maupun di akhirat.

C.
Pedoman Penilaian

               NO
SOAL YANG  DIJAWAB BENAR
Nilai Skor maksimal


1
Menjelaskan pengertian Takabbur
10


2
Ketepatan menulis dalil Naqli tentang Takabbur
20


3
Ciri –ciri orang yang Takabbur
10


4
Ketepatan dalam menjawab contoh Takabbur
20


5
Ketepatan dlam menjawab akibat negatif Takabbur
20


6
Ketepatan dalam menjawab cara menghindari sifat Takkabur
20



Jumlah Total Skor
100

                                                                                                       




Perhitungan Nilai Akhir

 X Skor Ideal  (100)
Perolehan Skor
=
Nilai Akhir
Total Skor Max

 
 












Saran-saran :

...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................


 Cianjur ,     06 Januari  2014
                            Mengetahui,
Kepala Sekolah,






HJ. ESIH HASANAH, S.Pd., M.Pd.
NIP  19660608 198703 2 009
Guru Mata Pelajaran






AHMAD ZENAL ABIDIN, M.Pd.I
NIP  19690909 199802 1 003

















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (12)


Sekolah
:
SMP NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas    /Semester
:
IX (SEMBILAN) / GENAP
Standar Kompetensi
:
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
Kompetensi Dasar
:
12.1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
12.2. Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
12.3. Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari
Indikator

·         Menjelaskan pengertian shalat sunnat berjamaah
·         Menjelaskan pengertian shalat sunnat munfarid
·         Menunjukkan dalil naqli tentang shalat sunah berjamaah dan munfarid.
·         Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah
·         Menyebutkan contoh shalat sunnat  munfarid
·         Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah
·         Mempraktikkan shalat sunnat munfarid
Alokasi Waktu  
:
6  X  40 menit ( 3 pertemuan)
Tahun Pelajaran
:
2013 - 2014


I. 
Tujuan Pembelajaran

·      Dengan tanya jawab diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah berjamaah dan munfarid
·      Setelah mendapat penjelasan, siswa dapat menyebutkan macam-macam shalat sunnah berjamaah dan munfarid serta menjelaskan ketentuannya.
·      Setelah demonstrasi siswa dapat mempraktikkan shalat berjamaah, shaf makmum muwafiq, dan makmum masbuk.


II. 
Materi Pokok Pembelajaran

Sholat Sunnat berjama’ah dan Munfarid


III.
Sumber dan Media Pembelajaran

a.  Sumber Pembelajaran


1.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Multahim, dkk
Penerbit          : Yudistira
Tahun              : 2007
2.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Abdul Wahid Syahlani Yahya
Penerbit          : Arfino Raya
Tahun              : 2009

b. Media Pembelajaran


-   Gambar shalat berjama’ah dan bermakmum


IV.
Pendekatan,  Metode dan Model Pembelajaran

1. Pendekatan                           :   Contektual Teaching and Learning (CTL)
2. Metode Pembelajaran            - Ceramah
                                                      - Tanya jawab
                                                      - Demonstrasi
                                                      - Diskusi
                                                      - Penugasan
3. Model Pembelajaran             :  Value Clarification Technique (VCT)             







V.
Langkah-langkah Skenario Pembelajaran

TAHAP
Langkah – langkah
Waktu

A. Pra Pembelajaran
Apersepsi
-   Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-   Membaca al-Qur'an dengan Tartil  (rutinitas)
-   Bertanya kepada siswa  tentang materi yang telah disampaikan

Motivasi
-   memotivasi tentang keutamaan shalat berjama’ah
-   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
15 menit

B. Kegiatan inti

Eksplorasi
-  Tanya-jawab tentang shalat sunnat berjama’ah dan  munfarid
-  Siswa mengidentifikasi yang termasuk shalat sunat yang harus  berjama’ah  dan munfarid
-  Siswa menelaah ketentuan shalat sunnat

Elaborasi
-  Guru bersama siswa mempraktekkan shalat sunnah yang berjama’ah
-  Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan shalat berjamaah.

Konfirmasi
-  Siswa melakukan praktik shalat berjamaah, mensumulasikan shaf makmum, menjadi makmum muwafiq dan makmum masbuk.
-  Siswa memberikan komentar  menyimpulkan hasil pembelajaran
50 menit

C. Penutup
-  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan  refleksinya tentang pembelajaran yang sudah berlangsung
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya
15 menit


VI.
Penilaian

A Tehnik Penilaian
  • Tes tertulis
  • Unjuk kerja
           
B. Bentuk Penilaian
  • Tes uraiaan


VII.
Bentuk Tes , Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

A. Bentuk Tes


1.      Jelaskan pengertian
a.   Shalat Sunnat  berjama’ah
b.   Shalat Sunnat munfarid
2.      Sebutkan shalat yang dianjurkan berjama’ah dan munfarid ! 
3.      Sebutkan ketentuan Shalat Sunnat 


B.
Kunci Jawaban  


1. 
a. Shalat sunnah berjama’ah adalah shalat sunnah yang dikerjakan secara bersama-sama dengan jumlah yang paling sedikit dua orang terdiri seorang imam dan seorang makmum
b. Shalat sunnah munfarid adalah shalat sunnah yang dikerjakan sendiri baik di masjid, musholla, rumah dsb. Shalat sunnah yang lebih baik dikerjakan sendirian


2.
a. Shalat sunnah berjama’ah
- Shalat gerhana
- Shalat dua hari raya
- Shalat Istisqa’
- Shalat tarawih’

b. Shalat sunnah munfarid
- Istikharah
- Tahajud
- Duha
- Mutlaq
- Rawatib


3.
Tidak ada adzan dan  iqomah



C. Pedoman Penilaian

NO
SOAL YANG  DIJAWAB BENAR
Nilai Skor maksimal
1
Memahami shalat sunnah berjama’ah dan munfarid 
20
2
Ketepatan menjawab yang termasuk shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
15
3
Ketepatan menulis ketentuan shalat sunnah
25
4
Ketepatan dalam menjawab praktek shalat jenazah
40

Jumlah Total Skor
100
                                                                                                                                       



Perhitungan Nilai Akhir

 X Skor Ideal  (100)
Perolehan Skor
=
Nilai Akhir
Total Skor Max

 
 










Saran-saran :

...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................



Cianjur ,     06 Januari  2014
                            Mengetahui,
Kepala Sekolah,






HJ. ESIH HASANAH, S.Pd., M.Pd.
NIP  19660608 198703 2 009
Guru Mata Pelajaran






AHMAD ZENAL ABIDIN, M.Pd.I
NIP  19690909 199802 1 003




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (13)



Sekolah
:
SMP NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas    /Semester
:
IX (SEMBILAN) / GENAP
Standar Kompetensi
:
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Kompetensi Dasar
:
13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi  Islam
13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
Indikator

·         Menjelaskan pengertian seni budaya lokal
·         Menjelaskan pengertian tradisi Islam
·         Menyebutkan contoh budaya lokal yang merupakan tradisi islam
·         Menceritakan tradisi halal bihalal, dugderan, kupatan, grebeg besar dan sekaten.
·         Menuliskan apresiasi terhadap tradisi tradisi halal bihalal, rajaban, munggahan, muludan, grebeg besar dan sekaten.
Alokasi Waktu  
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)
Tahun Pelajaran
:
2013-2014


I. 
Tujuan Pembelajaran

-       Dengan membaca referensi diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian seni budaya lokal, tradisi Islam,
-       Setelah medapat penjelasan siswa dapat menyebutkan contoh budaya lokal yang merupakan tradisi Islam
-       Dengan mengeidetifikasi budaya lokal ,siswa dapat menceritakan dan mengapresiasi tradisi halal bihalal, rajaban, munggahan, muludan grebeg besar dan sekaten


II. 
Materi Pokok Pembelajaran

Tradisi Islam di Indonesia

A.  Seni Budaya Lokal Nusantara yang Bernafaskan Islam
1. Pengertian
2. Seni Budaya Lokal Bernafaskan Islam


B.  Tradisi dan Upacara Adat yang bernafaskan Islam
C.  Mengapresiasikan Seni dan Budaya Lokal dan Upacara Adat yang bernafaskan Islam


III.
Sumber dan Media Pembelajaran

a.  Sumber Pembelajaran



1.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Multahim, dkk
Penerbit          : Yudistira
Tahun              : 2007

2.
Judul               : Pendidikan Agama Islam kelas IX
Pengarang      : Abdul Wahid Syahlani Yahya
Penerbit          : Arfino Raya
Tahun              : 2009


b. Media Pembelajaran



-   Sketsa upacara adat




IV.
Pendekatan,  Metode dan Model Pembelajaran

1. Pendekatan                           :   Contektual Teaching and Learning (CTL)
2. Metode Pembelajaran           :  - Ceramah terpadu
                                                     - Tanya jawab
                                                     - Diskusi
                                                     - Penugasan
3. Model Pembelajaran             :  Cooperative  learning 


V.
Langkah-langkah Skenario Pembelajaran

TAHAP
Langkah – langkah
Waktu

A. Pra
     Pembelajaran
Apersepsi
-   Berdoa sebelum pelajaran di mulai
-   Membaca al-Qur'an dengan Tartil  (rutinitas)
-   Bertanya kepada siswa  tentang materi yang telah disampaikan

Motivasi
-   memotivasi siswa agar mengenal budaya dan seni Islami
-   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran

15 menit

B. Kegiatan inti

Eksplorasi
-     Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil
-     Tanya-jawab tentang seni dan tradisi Islam.
-     Siswa mengidentifikasi  seni dan tradisi Islam serta mencari contoh-contohnya.

Elaborasi
-     Siswa menyebutkan upacara adat budaya lokal
-     Siswa berdiskusi untuk berdiskusi tentang tradisi halal bihalal, rajaban, munggahan, muludan, grebeg besar dan sekaten.

Konfirmasi
-      Siswa  memberikan komentar sekaligus menyimpulkan hasil pembelajaran
50 menit

C. Penutup
-  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan  refleksinya tentang pembelajaran yang sudah berlangsung
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya
15 menit


VI.
Penilaian

A. Tehnik Penilaian
  • Tertulis
           
B. Bentuk Penilaian
  • Uraian  

VII.
Bentuk Tes , Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

A. Bentuk Tes


1.     Jelaskan pendapatmu maksud budaya Islam !
2.     Adakah seni yang tidak diperkenankan dalam Islam?
3.     Sebutkan contoh-contoh seni Islami!
4.     Sebutkan contoh budaya lokal yang bersumber dari nilai-nilai Islam!
5.     Apa yang kamu ketahui tentang halal bihalal!
6.     Ceritakan tradisi muludan !
7.     Kapan dilaksanakan munggahan ?
8.     kapan dilaksanakan rajaban ?



B.
Kunci Jawaban  



1.
 Kebiasaan-kebiasaan yang bersumber dari para pemeluk Islam



2.
Ada, seni yang tidak sesuai ajaran Islam



3
Nasyid, Qasidah, dll



4
Yasinan, tahlilalan, halal bi halal, rajaban, muludan dll



5
Halal bihalal adalah suatu acara yang diadakan setelah hari raya idul fitri berkumpulnya semua orang baik keluarga atau teman



6
Tradisi muludan salah satu tradisi yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Awwal dalam rangka mengenang kelahiran Nabi Muhammad Saw



7
1 hari menjelang persiapan menyambut bulan Bamadhan



8
Pada tanggal 13. 14 dan 15 rajab (nispu rajab)



C.

Pedoman Penilaian

             
NO
SOAL YANG  DIJAWAB BENAR
Nilai Skor maksimal
1
Pendapat tentang budaya Islam
10
2
Seni yang dibolehkan Islam
10
3
Contoh-contoh seni yang Islami
25
4
Budaya lokal yang bersumber dari Islam
25
5
Pengertian halal bihalal
10
6
Tradisi muludan
10
7
Pelaksanaan munggahan
5
8
Pelaksanaan rajaban
5

Jumlah Total Skor
100
                                                                                                       

Perhitungan Nilai Akhir

 X Skor Ideal  (100)
Perolehan Skor
=
Nilai Akhir
Total Skor Max

 
 












Cianjur ,     06 Januari  2014
                            Mengetahui,
Kepala Sekolah,






HJ. ESIH HASANAH, S.Pd., M.Pd.
NIP  19660608 198703 2 009
Guru Mata Pelajaran






AHMAD ZENAL ABIDIN, M.Pd.I
NIP  19690909 199802 1 003

Saran-saran :

...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................







1 komentar: